8 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Diposkan oleh Andri Ansyah on Minggu, 19 Mei 2013

Bau badan adalah salah satu jenis masalah yang banyak dialami banyak orang. Kehadiran bau badan yang tidak sedap tentu saja akan mempengaruhi kegiatan sehari-hari kita. Selain dapat mengganggu penampilan, bau badan juga akan mempengaruhi rasa percaya diri kita saat tampil dihadapan orang lain.

Bau badan sebenarnya adalah satu hal yang lumrah dan juga wajar terjadi. Bau badan sendiri disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan berbagai macam bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan tubuh kita. Keringat sebenarnya tidak menghasilkan bau yang terlalu menyengat, namun karena bereaksi dengan bahan-bahan lain diluar tubuh kita tadilah yang menyebabkan keringat menjadi berbau tidak sedap. Itulah kenapa kita dituntut untuk harus selalu menjaga kebersihan tubuh kita. Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk mengatasi bau badan secara alami dan efektif.

1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel ternyata adalah deodorant alami yang bisa mengurangi pH (tingkat keasaman) pada kulit sehingga dapat membuat bau keringat yang tidak sedap dapat segera menghilang. Disarankan untuk menggunakan sari cuka apel setiap hari yang bisa anda gunakan sebagai pengganti dari deodorant dengan cara memasukkan cuka apel ke dalam segelas air lalu anda bisa menggunakannya untuk membilas ketiak setelah mandi.

2. Mengkonsumsi Jahe

Sejak zaman Kekaisaran China kuno, mengkonsumsi jahe dipercaya dapat membuat seseorang tercium manis. Hal itu tidaklah mengherankan mengingat bahwa jahe mengandung banyak sekali antioksidan yang berfungsi untuk melunturkan racun-racun di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan juga untuk menambahkan air perasan jahe pada air yang akan digunakan untuk mandi.

3. Mengurangi Konsumsi Bawang

Mengurangi konsumsi bawang. Bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan dengan banyak bawang, terutama bawang putih, maka mulai sekarang sebaiknya dikurangi saja. Hal ini tidak hanya membuat bau badan anda, namun juga bisa membuat nafas anda tidak sedap. Oleh karena itu sebaiknya segera kurangi makanan yang mengandung bawang karena bisa membuat keringat anda menjadi bau.

4. Menggunakan Jeruk Nipis

Caranya mudah, yaitu dengan memeras jeruk nipis, lalu dicampurkan dengan kapur sirih. Setelah itu, anda bisa menggosokkan air campuran jeruk nipis dan kapur sirih tadi pada bagian tubuh yang biasanya memproduksi banyak keringat seperti ketiak.

5. Menggunakan Baking Soda

Seperti yang kita tahu, baking soda (soda kue) adalah salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Namun baking soda ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi produksi keringat yang berlebihan terutama saat kita melakukan banyak aktifitas di luar ruangan. Caranya mudah yaitu, anda tinggal menaburkan baking soda pada ketiak dan juga kaki sehingga anda dapat mengurangi keringat yang selalu keluar dari dalam tubuh anda.

6. Menggunakan Daun Sirih

Daun sirih sudah lama dikenal sangat ampuh dalam menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Daun sirih sangat mudah sekali di dapatkan dan cara untuk membuat obat bau badan dari daun sirih pun juga sangat mudah. Caranya adalah dengan merebus tiga sampai lima helai daun sirih dalam dua gelas air sampai mendidih hingga airnya tinggal tersisa sekitar satu gelas. Minum air rebusan daun sirih ini satu gelas setiap hari hingga bau badan anda menjadi semakin berkurang. Atau anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menghaluskan daun sirih yang sudah dicampurkan dengan kapur, lalu anda tinggal mengoleskannya pada bagian ketiak.

7. Menggunakan Mentimun

Mentimun adalah salah satu jenis buah yang serbaguna, selain untuk dimakan, mentimun juga biasa digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan termasuk untuk mengatasi bau badan. Caranya adalah dengan mengupas satu buah mentimun yang masih muda, lalu gosokkan mentimun tadi ke bagian badan yang sering mengeluarkan bau. Hal ini bisa anda lakukan secara rutin setelah mandi.

8. Mengonsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung minyak atsiri dan juga bahan-bahan antiseptik yang dapat membantu meredakan bau badan anda. Caranya adalah dengan sering-sering mengkonsumsi daun kemangi baik sebagai lalapan maupun dimasak menjadi urap. Pada wanita yang sedang haid, mengkonsumsi daun kemangi juga bermanfaat untuk mengurangi bau tidak sedap di area kewanitaan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: